TOLONG DIBACA AGAR ANDA TIDAK SALAH MEMBELI TELUR AYAM! BEGINI CARA MUDAH MENENTUKAN APAKAH TELUR AYAM ITU SEHAT ATAU TIDAK!


Wartips - Telur ayam sudah sangat bersahabat di kehidupan kita sehari-hari sebagai sumber pangan berprotein tinggi.

Telur umumnya disajikan melalui cara digoreng, didadar ataupun hanya di rebus demikian saja. Telur juga yaitu materi utama dalam pembuatan bermacam type makanan ibarat cake, kukis, roti dan lain sebagainya.

Tapi, ternyata tak semua telur itu sehat, lho...


Cara Membedakan Telur Ayam Sehat Dan Tak Sehat

Telur yang baik dihasilkan dari ayam yang sehat. Ayam yang sehat mempunyai konsumsi gizi yang baik dari makanan yang didapatkan di peternakan. Nutrisi yang diperoleh seekor ayam akan diteruskan ke telur mereka.

Ayam-ayam yang akan lebih sehat hidup dengan leluasa mencari makan ibarat serangga dan hewan kecil lainna di alam terbuka, dengan pedoman udara yang segar hingga mereka dapat membuahkan telur-telur yang sehat dan berkwalitas tinggi. Tetapi ayam zaman dikala ini umumnya hidup dalam kandang. Ayam-ayam ini tak memiliki cukup ruangan untuk beraktivitas, bahkan juga tidak dapat lihat matahari, makanannya yakni makanan pakan.

Lantaran telur yaitu materi makanan yang bergizi, relatif murah dan mudah diketahui jadi sebaiknya kita tahu ibarat apa telur yang sehat dan baik mutunya dan yang jelek kualitasnya.


Untuk tahu Ciri-ciri telur dengan kualitas yang baik, perhatikan beberapa hal berikut:

1. Ketebalan Cangkang atau kulit Telur

Lihatlah cangkang atau kulit telur, telur yang baik akan memiliki kulit atau cangkang yang cukup tebal dan tak transparan dan cukup sulit untuk meretakkannya. Apabila kulit telur tampak transparan jikalau diketuk sangat mudah retak dan pecah mampu di pastikan telur itu jelek kualitasya

2. Warna Kuning Telur

Biasanya kita punya kebiasaan dengan warna kuning telur yang kuning terang, bahu-membahu warna ini tidaklah warna yang ideal untuk kuning telur. Kuning telur ayam yang baik dan sehat idealnya berwarna oranye, makin renta warna oranyenya makin baik mutunya. Tetapi umumnya ayam yang hidup di peternakan ayam hanya makan pakan saja, jadi warna kuning telurnya lebih muda.

3. Kekentalan Kuning Telur

Coba pecahkan sebutir telur, perhatikan kuning telurnya. Kuning telur yang sehat dan baik akan merasa lebih kental waktu disentuh, kuning telur juga terlihat lebih solid dan terlihat bundar sedikit cembung. Kuning telur yang mudah pecah dan bercampur dengan putih telur waktu telur dipecahkan menunjukan telur berkwalitas buruk.

berdasarkan laporan dari Oxford Journal mencatat bila penambahan mengkonsumsi ayam dari beta karoten tingkatkan jumlah beta karoten yang ada di telur-telurnya. Journal of Agricultural Food Chemistry mengklaim bila peningkatan kandungan DHA dalam pakan ayam memengaruhi omega-3 asam lemak yang diketahui dalam telur-telurnya.

Apabila menginginkan telur-telur dengan kwalitas prima, Anda mampu pelihara ayam sendiri, atau peroleh telur segera dari peternak yang membiarkan ayamnya berkeliaran di alam bebas dan dibudidayakan lewat cara organik, tanpa ada pakan. sintetik ataupun suntikan hormon.

Telur dengan kwalitas baik dan sehat apabila diolah akan menghasilkan makanan dengan kwalitas baik dan bergizi tinggi.

Tolong bagikan berita ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2